Turun ke Jalan ‘Dajjal’ Jambi, Jokowi Ultimatum Gubernur

Presiden Jokowi Tinjau Jalan Ruas Kota Jambi-Sungai Gelam, 16 Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo meminta pemerintah provinsi Jambi untuk mempercepat jalur khusus untuk transportasi batu bara. Supaya truk-truk besar tidak lagi merusak jalan provinsi hingga kabupaten.

“Seharusnya jalan batu bara ini ada jalan khusus, tapi di sini kan belum ada,” kata Jokowi saat melakukan tinjauan jalan rusak di ruas Kota Jambi – Sungai Gelam, Selasa (16/5/2023).

Namun Jokowi mengatakan sudah mendapatkan komitmen dari Gubernur Jambi Al Haris terkait adanya pemisahan antara jalan umum dan jalur khusus untuk truk batu bara. Sehingga dia memerintahkan realisasi hal ini untuk segera dilakukan.

“Secepatnya tadi saya sudah https://dwslot88apk.com/ perintahkan ke pak Gubernur secepatnya, baik lewat investasi maupun pola yang lain,” kata Jokowi.

Kondisi jalan rusak di provinsi Jambi banyak yang dalam kondisi rusak. Pemerintah Pusat juga harus turun tangan untuk membantu perbaikan beberapa ruas yang dikejar dalam 2 – 3 tahun mendatang. Rencananya proses perbaikan jalan ditargetkan mulai pada bulan Juli/Agustus mendatang.

Dari data yang dimiliki Presiden saat ini ada 4.600 kilometer jalan rusak di tingkat kabupaten kita dari total panjang 10.000 km. Sedangkan untuk kondisi jalan tingkat provinsi ada 250 km dan 130 km untuk jalan nasional dalam kondisi rusak dari total panjang masing-masing 1.030 km dan 1.300 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*