Nih Bocoran dari Robert Kiyosaki, Cara Kaya Pakai Duit Orang

Robert Kiyosaki, dok Basabali.org

Investor sekaligus Penulis Buku Terkenal Robert Kiyosaki membeberkan, ada metode untuk menghasilkan keuntungan dengan uang orang lain. Hal ini diungkap di situs web pribadinya, dikutip Sabtu, (1/4/2023).

Sebelum terjun ke tahapannya, pertama-tama, kita harus membahas hal fundamental soal perbedaan antara utang baik dan utang yang buruk. Kebanyakan orang menganggap bahwa utang itu buruk. Tapi menurut Robert hal itu tidak benar.

“Aturan uang yang baru mengharuskan hutang jika Anda ingin menjadi kaya. Syaratnya, utang itu haruslah utang baik,” tulis penulis buku ‘Rich Dad Poor Dad’ itu.

Adapun utang yang buruk menurut Kiyosaki adalah pinjaman yang digunakan untuk liabilitas, seperti mencicil mobil dan liburan, karena hal ini bukan prioritas kebutuhan dan nilainya menyusut seiring waktu.

Sementara utang yang baik digunakan untuk membeli aset yang memberi pemasukan uang tunai ke saku pribadi setiap bulan. Pinjaman lancar tersebut contohnya, pinjaman untuk properti investasi, modal ventura, dll.

“Ini adalah bentuk utang baik. Anda membutuhkan kecerdasan finansial yang tinggi untuk menggunakannya dengan tepat, tetapi ketika Anda melakukannya, Anda dapat mencetak uang lebih cepat,” kata dia.

Berikut adalah contoh skema menghasilkan uang lewat berhutang ala Robert Kiyosaki:

Harga pembelian satu aset properti sebesar US$100.000. Lalu tagihan tersebut dibayar menggunakan pinjaman sebesar US$80.000 dengan bunga 5%. Sisanya, US$20.000 dibayar tunai lewat uang pribadi.

Bila menghitung melalui kalkulator hipotek sederhana, biaya tahunan yang dikeluarkan untuk pinjaman ini sekitar US$8.500.

Bila diasumsikan pendapatan dari properti ini bernilai US$11.000 setahun, setelah pengeluaran dibayarkan, total pendapatan bersih yang diterima menjadi US$2.500 ($11.000 – $8.500). Maka, keuntungan investasi dari skema ini sebesar US$2.500 dibagi US$20.000 atau sebesar 12,5%.

Menurut Kiyosaki, keuntungan sebesar 12,5% tersebut termasuk di atas dari keuntungan rata-rata investasi gaya konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*