Nah Lho, Kasus Rafael Libatkan Sejumlah Konsultan Pajak!

Eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo jalani pemeriksaan KPK terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). (CNBC Indonesia/Emir)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan rekening milik konsultan pajak yang terkait dengan aliran dana ke Rafael Alun Trisambodo. PPATK memastikan bahwa rekening tersebut telah diblokir oleh PPATK.

Kepada CNBC Indonesia, Ivan menolak mengungkapkan identitas konsultan pajak tersebut. Namun, dia mengakui bahwa jumlahnya tidak hanya satu konsultan.

“Ada beberapa lah, enggak sampai 10,” papar Ivan, Senin (6/3/2023).

Ivan pun mengungkapkan bahwa firma konsultan pajak tersebut berbadan hukum, dan legal. Dari hasil analisis atas transaksi yang melibatkan Rafael, PPATK mensinyalir adanya professional money launderer (PML) yang bekerja untuk kepentingan Rafael.

Namun, PPATK belum dapat mengungkapkan lebih lanjut. Saat ini, PPATK terus melakukan analisa terhadap Rafael dan keluarga. PPATK juga proaktif menyampaikan data kepada Inspektorat Jenderal Kemenkeu dan KPK.

Adapun data PPATK a.l. data keterkaitan keluarga, transaksi Rafael, sumber keterangan baru, dan pengakuan yang bersangkutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*