Mobil Kecil ‘Musuh’ Avanza Terjungkal, Ini Kata Bos Toyota

Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).
Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Persaingan mobil terlaris memanas setelah bulan April lalu Toyota Avanza berhasil menggeser Honda Brio. Padahal di tiga bulan awal 2023, penjualan mobil jagoan Honda itu selalu menjadi juara dan kerap menjadi ‘membunuh’ posisi Avanza sebagai mobil sejuta umat.

Bos Toyota pun buka suara dengan kembalinya Avanza sebagai mobil terlaris.

“Yang penting kita market share di atas 30%, dan kita memberi pilihan konsumen di setiap segmen, dan itu yang penting. Jadi bukan mencari produk mana yang jadi nomor 1, saya rasa itu bukan target kita secara detil,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor https://situs888gacor.com/ (TAM) Anton Jimmy Suwandi kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (16/5/2023).

Bukan hanya Avanza, Toyota juga mengandalkan produk lain dalam penjualan seperti Innova dan Calya.

Pada bulan lalu, ketiganya masuk ke dalam 3 besar mobil terlaris dan menguasai masing-masing segmen. Avanza menguasai Low-MPV, Innova menguasai Medium MPV dan Calya memimpin segmen low cost green car (LCGC).

“Kita nggak melihat itu sebagai cross segmen comparison, kita melihat Avanza di segmen Avanza, model lain di segmen masing-masing, kemudian secara total Toyota nomor 1 di atas 30%,” kata Anton.

Pada April lalu, Avanza mampu berjaya menjadi mobil terlaris di RI dengan menjual 3.727 unit. Posisinya unggul tipis dari saudaranya, Toyota Innova yang ada peringkat kedua dengan menjual 3.645 unit.

Posisi ketiga kembali ditempati oleh Calya dengan menjual 3.131 unit. Sedangkan di posisi empat ada segmen pick up, yakni Suzuki Carry Pick Up dengan menjual 2.861 unit. Kembaran Calya, yakni Daihatsu Sigra ada di posisi kelima dengan menjual 2.640 unit.

Mobil terlaris di kuartal I tahun 2023, Honda Brio justru tidak masuk ke dalam 20 besar mobil terlaris di bulan lalu dan hanya menempati posisi ke-21 dengan penjualan 960 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*