Ahli geologi Memecahkan Misteri Lokasi Mona Lisa dilukis

Jembatan Azzone Visconti di Kota Lecco diyakini berada pada latar lukisan Mona Lisa.
Jembatan Azzone Visconti di Kota Lecco diyakini berada pada latar lukisan Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa adalah salah satu lukisan paling terkenal di dunia, namun masih diselimuti misteri.

Lebih dari 500 tahun setelah diciptakan, banyak pertanyaan masih mengemuka mengenai beragam elemen dalam potret karya Leonardo da Vinci itu.

Kini, ahli geologi dan sejarawan seni Renaisans, Ann Pizzorusso, meyakini bahwa dirinya telah memecahkan salah satu misteri terkait lukisan Mona Lisa, yakni lokasi potret itu dilukis.

Dia menggunakan keahliannya untuk mengidentifikasi lanskap yang ditampilkan dalam potret tersebut.

Sebuah jembatan abad ke-14 yang terlihat di latar belakang menunjukkan bahwa lukisan itu berlatar di Kota Lecco, Italia – tepatnya di tepi Danau Como di wilayah Lombardy.

Keyakinan Pizzorusso mempresentasikan keakuratan geologis pada lukisan Leonardo Da Vinci

Pizzorusso baru-baru ini mempresentasikan temuannya pada sebuah konferensi di Italia.

Dia memandang Leonardo tidak hanya sebagai seorang seniman, tetapi juga sebagai “seorang ahli geologi yang hebat.”

“Saya menganggapnya sebagai bapak geologi. Salah satu ciri khas Leonardo adalah keakuratan geologis. Anda melihat lukisan mana pun yang memiliki bebatuan atau tumbuhan, dan itu sangat alami, dapat dikenali dengan sempurna. Itu salah satu ciri khasnya,” katanya.

Berbicara kepada Global News Podcast BBC, Pizzorusso mengatakan dia menelusuri jejak Leonardo da Vinci ke tempat yang pernah dikunjungi sang pelukis sekira 500 tahun lalu.

Lukisan karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa.
Lukisan karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa.

“Saya bisa melihat lukisan serta gambarnya dan masih bisa melihat pemandangan [yang dia lukis] bahkan setelah beratus tahun,” paparnya.

Selama bertahun-tahun, banyak sejarawan seni mencoba mengidentifikasi jembatan dalam lukisan Mona Lisa, yang merupakan ciri umum di banyak kota di Italia.

“Saya mengetahui bahwa semua orang hanya melihat jembatan. Ini seperti mencari [mobil] mini cooper. Mereka ada di mana-mana di Italia,” tambahnya.

“Memang ada jembatan, tapi geologi dan danaunya juga harus ada. Dan itu ada di sini.”

Menurut Ahli Geologi Mona Lisa Dilukis di Danau Como Italia Utara

Pizzorusso telah mencocokkan fitur geologi pada lukisan Mona Lisa dengan Lecco, sebuah kota di tepi Danau Como di Italia utara. Dia yakin potret terkenal di dunia itu dilukis di sana.

“Danau Como, di sinilah Leonardo menghabiskan banyak waktu karena dia mencoba membangun kanal dari Milan hingga Danau Como, dan dia tidak dapat melakukannya karena ada bagian tertentu yang terlalu berbatu,” jelasnya.

Pizzorusso berpendapat bahwa pegunungan di belakang potret tersebut menampilkan Pegunungan Alpen, yang pernah dikunjungi Leonardo da Vinci.

Ia juga yakin jembatan yang menjadi latar belakang pada lukisan Mona Lisa adalah Jembatan Azzone Visconti yang dibangun pada abad ke-14.

Pizzorusso menggunakan alat geolokasi seperti Google Maps, Google Earth, dan drone untuk mengidentifikasi lokasi. “Semuanya sesuai,” katanya setelah mengumpulkan temuannya.

Jembatan di Lukisan Mona Lisa Menurut Teori Tahun 2011 adalah Bobbio

Menurut teori tahun 2011, jembatan dan jalan pada lukisan Mona Lisa diduga terkait dengan Bobbio, sebuah kota kecil di Italia utara.

Klaim yang dibuat pada tahun 2023 menyatakan bahwa Leonardo da Vinci telah melukis sebuah jembatan di Provinsi Arezzo.

Jembatan Ponte Romito di Laterina juga pernah dikaitkan dengan lukisan Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa adalah salah satu karya seni paling terkenal di dunia, yang disimpan di Museum Louvre di Paris.

Leonardo da Vinci bukan hanya seorang seniman melainkan juga seorang pematung, insinyur, ilmuwan, ahli matematika, dan penemu.

Penemuannya lebih dari 500 tahun yang lalu telah membuka jalan bagi khalayak menjalani hidup hingga saat ini.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*